Hari Ke-III Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Desa Tahap II, BP2DK Menghadirkan Auditor BPKP sebagai Narasumber

buniasih.sideka.id – MANDALAMEKAR. Hari ketiga pelatihan pengelolaan sistem informasi desa, BP2DK (Badan Prakarsa Pembedayaan Desa dan Kawasan) menghadirkan Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Bapak UBED UBAIDILLAH sebagai Narasumber Pemateri. Rabu, (31/10/2018).

Narasumber di hari ketiga “Bapak Ubed Ubaidillah” yang akrab di panggil “Pak Beben” memaparkan materi seputar Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa). Beliau bercerita sedikit tentang Aplikasi Siskeudes,  Apliksi Sikeudes pada dasarnya adalah miniatur dari “SIMDA” (Sistem Informasi Manajemen Daerah) yang digunakan di pemerintah Daerah.

Aplikasi Siskeudes ini gratis tidak pernah di pungut biaya, tapi ada satu reqiuerments (persyaratan) ketika di tawarkan ke PEMDA (Pemerintah Daerah), ke Desa kalo mau pakai aplikasi ini harus “take it or leavit” (silahkan ambil tanpa pilih-pilih) jadi harus semuanya, tidak bisa pilih-pilih.

Aplikasi Siskeudes ini sederhana :

  1. Proses Instalasi hanya 5 menit.
  2. Spesifikasi Kebutuhan Hardware komputer/laptop minimalis yang utama ada OS Windows dan MS Office Access.
  3. Bisa stand alone & online tergantung kondisi pemda (jadi tida mesti harus fasilitas internet)
  4. Data bersifat portable
  5. Satu kali input menghasilkan berbagai dokumen & laporan terkait keuangan desa.

Akhir dari sesi ini, Narasumber (Ubed Ubaidillah) melakukan foto bersama besama seluruh peserta pelatihan pengelolaan sistem informasi Desa Tahap II Gelombang ke III.

 

Foto Bersama Auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Bapak Ubed Ubaidillah

 


 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar