Gerakan Hejo Buruan (Hijau Halaman) Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan

Kegiatan Hejo Buruan

buniasih.sideka.id-TAGOG. Alam begitu banyak memberikan manfaat bagi manusia  terlebih jika manusia mampu menjaga dan merawatnya. Maka, dalam rangka menciptakan lingkungan yang hijau dan asri Para Kader “Ecovillage” Desa buniasih yang di ketuai oleh bapak H. Jeje Zaenal Abidin S,sos melakukan gerakan hejo buruan. Sabtu, 03/11/2018.

Kata “Hejo Buruan” berasal dari bahasa sunda yatitu hejo dan buruan. Hejo berarti hijau dan buruan berarti halaman, jadi bila digabungkan menjadi hijau halaman. Kegiatan hejo buruan (Hijau halaman) dilaksanakan di kampung Tagog RT (Rukun Tetangga) 001 RW (Rukun Warga) 003. Tanaman yang ditanam pun bervariasi mulai dari tanaman obat, tanaman sayuran, tanaman buah-buahan dan tanaman hias.

Tanaman Sayuran – Kegiatan Hejo Buruan
Para kader ecovillage sedang melakukan pengisian tanah yang sudah dicampur pupuk kedalam polybag

Tanaman bisa di tanam langsung di pekarangan rumah, menggunakan polybag, atau memanfaatkan kemasan minyak dan detergen 2 lt (liter). Gerakan hejo buruan (hijau halaman) sendiri merupakan bagian dari program “ecovillage” dibawah naungan Dinas lingkungan Hidup (DLH) jawa barat.

Ecovillage mempunyai arti desa/Kampung  berbudaya lingkungan,  dengan adanya program tersebut diharapkan  mampu mengubah prilaku masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik, karena sejatinya apa yang terjadi terhadap alam merupakan sebab akibat dari manusia itu sendiri.

#kitajagaalamalamjagakita #ecovillage #DLH #Jawabarat #Buniasih #merdesaaaa

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar