Visitasi Akreditasi Mis Miftahul Ulum Kebon Jengkol, Untuk Peningkatan Dan Penjaminan Mutu Sekolah

Visitasi Akreditasi Mis Miftahul Ulum Kebon Jengkol

Buniasih.sideka.id – Kebon Jengkol. Jum’at, (16/11/2018).

Alhamdulillah, kegiatan visitasi akreditasi atau lebih lazim disebut akreditasi MIS Miftahul Ulum Kebon Jengkol telah selesai dilaksanakan pada  tanggal 14 dan 15 November 2018. Visitasi ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah melalui BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) untuk melihat dan mengontrol pelayanan yang dilaksanakan sekolah atau madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap empat tahun. Dari hasil akreditasi inilah maka akan diketahui apakah sekolah atau madrasah bersangkutan berhak memperoleh nilai A, B, C, D, atau E. Tim assessor yang ditunjuk BAN S/M Provinsi untuk visitasi di MIS Miftahul Ulum adalah Drs. Kardi, MM.Pd., dan Drs. Juna Mulyadi berasal dari Kota Subang.

Kegiatan visitasi ini terdiri dari dua tahap yaitu visitasi administrasi pendidikan dan visitasi kelas (penilaian mengajar). Sebagai mana diketahui bahwa seluruh administrasi pendidikan terdiri dari 8 standar yaitu:

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Kelulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian Pendidikan

Kedelapan standar ini secara singkat dapat digambarkan sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan sekolah atau madrasah. Standar isi berkenaan dengan dokumen 1 kurikulum MIS Miftahul Ulum. Semua hal utama yang terkait dengan pelaksanaan standar isi oleh semua guru dan tenaga kependidikan tertera dalam standar proses. Dan outcome atau seperti apa kemampuan yang ingin dikuasai oleh alumni MIS Miftahul Ulum ada dalam standar kompetensi lulusan. Standar pendidik dan tenaga kependidikan menjadi rujukan dalam penyediaan tenaga personalia mulai dari kepala madrasah, guru, Pembina eks skul sampai penjaga atau tenaga kebersihan. Kualifikasi yang layak untuk setiap posisi tersebut. Semua sarana dan prasarana yang dimiliki, berpedoman pada standar sarana dan prasarana. Rencana pengelolaan MIS Miftahul Ulum merujuk pada standar pengelolaan. Sebagian aspek manajerial dari sekolah atau madrasah seperti program perencanaan kegiatan PBM dan kesiswaan diatur dalam standar pengelolaan ini. Seluruh kegiatan penilaian kesiswaan berupa tes, ulangan dan atau ujian berpedoman pada standar penilaian. Serta seluruh pendanaan dari setiap kegiatan pembelajaran di MIS Miftahul Ulum berpedoman pada standar pembiayaan.

Rangkaian kegiatan visitasi diawali oleh penyambutan Tim Assessor oleh Marching Band MIS Miftahul Ulum. Meski ada beberapa hal yang harus dilengkapi oleh MIS Miftahul Ulum seperti pengaturan area halaman dengan berbagai rambu-rambu penggunaanya, namun secara keseluruhan MIS Miftahul Ulum telah mampu melaksanakan seluruh Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan baik. Bapak Drs. Kardi, MM.Pd. berpesan saat kegiatan resume visitasi akreditasi untuk menjadikan kegiatan visitasi ini sebagai langkah awal dalam peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan di MIS Miftahul Ulum. Asesor yang lainnya, Drs, Juna Mulyadi menekankan perlunya pendalaman metode pengajaran disamping penguasaan kelas yang sudah tampak pada kedua guru yang divisitasi saat mengajarnya. Kedua guru tersebut adalah Oom Romlah, S.Pd.I untuk kelas bawah dan Dania Nuraeni, S.Pd.I untuk kelas atas.

Nilai dari akreditasi ini akan keluar di bulan Desember. Mudah-mudahan MIS Miftahul Ulum dapat memperoleh nilai yang lebih tinggi dari nilai akreditasi sebelumnya. Pada akreditasi sebelumnya MIS Miftahul Ulum memperoleh nilai B.

Program visitasi akreditasi ini dilaksanakan pemerintah juga untuk menghilangkan dikotomi Madrasah dan Sekolah. Di masyarakat masih ada anggapan tentang perbedaan antara madrasah dan sekolah. Pada kenyataanya, yang berbeda dari keduanya hanyalah muatan lokal dan muatan keagamaan. Di Madrasah (MIS) muatan keagamaannya dipecah menjadi lima mata pelajaran yaitu Al Quran Hadits, Fikih, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab.

Mengakhiri vistiasi akreditasi MIS Miftahul Ulum ditampilkan Grup Marawis MIS Miftahul Ulum mendendangkan syair perpisahan. Dengan adanya visitasi akreditasi ini diharapkan ke depannya MIS Miftahul Ulum dapat terus memberikan kualitas pelayanan pendidikan yang baik.

Foto-foto :

  • Visitasi Kelas Bawah (Oom Romlah, S.Pd.I)
Visitasi Kelas Bawah (Oom Romlah, S.Pd.I)
  • Visistasi Kelas Atas (Dania Nuraeni, S.Pd.I)
Visistasi Kelas Atas (Dania Nuraeni, S.Pd.I)
  • Prakata dari Bapak Drs. Kardi, MM.Pd. (Asesor 1)
Prakata dari Bapak Drs. Kardi, MM.Pd. (Asesor 1)
  • Visitasi Instrumen Standar Proses oleh Asesor 1
Prakata dari Bapak Drs. Kardi, MM.Pd. (Asesor 1)
  • Penyambutan oleh Marching Band MIS Miftahul Ulum
Penyambutan oleh Marching Band MIS Miftahul Ulum

 

Penyambutan oleh Marching Band MIS Miftahul Ulum
  • Tampilan Marawis MIS Miftahul Ulum pada akhir visitasi akreditasi
Marawis MIS Miftahul Ulum pada akhir visitasi akreditasi
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar