Rapat Evaluasi Kemitraan Bidan Paraji UPT Puskesmas Kecamatan Kadipaten

Evaluasi Kemitraan Bidan Paraji UPT Puskesmas Kadipaten

Buniasih.sideka.id – UPT Puskesmas Kadipaten menggelar Rapat Evaluasi Kemitraan antara Bidan dan Paraji se Kecamatan Kadipaten di UPT. Puseksemas Kadipaten. Selasa, (12/12/2018)

Rapat Evaluasi di hadiri oleh Camat Kecamatan Kadipaten, Kapolsek Kecamatan Kadipaten, KUA (Kantor Urusan Agama), Koramil, Kepala Puskesmas, Bidan Koordinator, Bidan Desa dan Paraji se Kecamatan Kadipaten.

Rapat Evaluasi dipimpin oleh Bidan Koordinator UPT Puskesmas Kadipaten sebagai Narasumber “BIDAN TITING ROSITA, Am. Keb”. Beliau memaparkan tentang kemitaraan antara bidan dan paraji adalah salah satu program untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi pada saat melahirkan. Bentuk Kerjasama bidan dengan paraji yang saling menguntungkan dengan prinsip keterbukaan, kesetaraan, dan kepercayaan dalam upaya untuk menyelamatkan ibu dan bayi.

Tujuan Kemitraan Bidan dan Paraji adalah terjalinnya kerjasama yang menguntungkan antara bidan dengan paraji dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk mempercepat penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir di daerah pedesaan.

Hasil yang diharapkan dari evaluasi kemitraan bidan dan paraji tersebut diantranya :

  1. Meningkatnya paraji yang bermitra dengan bidan
  2. Meningkatnya cakupan persalinan oleh nakes
  3. Menurunnya rujukan terlambat
  4. Menurunnya jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir
  5. Meningkatnya persalinan di fasilitas kes
  6. Tercapainya pelayanan KB Pasca salin Menurunnya kasus Tetanus neonatorum

Pelaksanaan kegiatan berlangsung kondusif, namun masih banyaknya paraji yang tidak hadir dalam rapat evaluasi tersebut. Sebagian yang tidak hadir adalah paraji yang masih belum bermitra dengan bidan.

Untuk paraji yang tidak hadir akan dilakukan pemanggilan terutama paraji yang belum bermitra dengan bidan. Apabila masih tidak datang maka aparat dari Kecamatan, Kapolsek dan PKM kadipaten akan mendatangi langsung ke rumah paraji tersebut.

Dokumentasi :

Peserta Rapat Evaluasi Kemitaraan Bidan Paraji UPT Puskesmas Kadipaten

 

Rapat Evaluasi Kemitaraan Bidan Paraji UPT Puskesmas
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar