Sosialisasi Program Desa Cerdas Internet dan Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES)

Sosialisasi Program Desa Cerdas Internet dan Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa

Buniasih.sideka.id – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya mengadakan sosialisasi Program Desa Cerdas Internet yang bertempat di Aula Wiradadaha Bappeda Kabupaten Tasikmalaya dengan mengundang Para Camat di lingkungan wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan 2 orang perwakilan dari desa untuk tiap-tiap kecamatan. Selasa, (11/12/2018).

Dalam acara sosialisasi tersebut ada 2 (Dua Narasumber) dianataranya :

  1. Kepala Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya membahas tentang Desa Cerdas Internet
  2. DPMDPAKB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) membahas dan memberikan Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) kepada peserta untuk simulasi.

Diskominfo memberikan peluang dan memfasilitasi kepada setiap Kecamatan dan Desa atau lembaga yang belum dan ingin mempunyai website dengan syarat membawa rekomendasi dari Kepala Desa dan Camat. Diskominfo akan membimbing  membuat website desa, membuat domain, membuat server dan juga memberitahu bagaimana cara mengelola website desa dengan baik dan menarik sehingga website desa tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dan banyak di kunjungi oleh setiap orang. Website desa tersebut bisa dijadikan ajang promosi potesi desa, produk-produk desa serta  inovasi yang ada di desa sehingga nanti akan bisa menambahkan penghasilan asli desa.

DPMDPAKB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) juga akan mengadakan pelatihan kepada setiap Kecamatan dan Desa untuk bisa menggunakan Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) yang saat ini aplikasi tersebut belum rilis untuk Kabupaten Tasikmalaya namun sudah rilis di Kabupaten Pangandaran. Maka yang diberikan adalah Aplikasi SIPADES milik kabupaten Pangandaran. “Ini hanya untuk sekedar simulasi saja” ujar narasumber dari DPMDPAKB.

Dalam aplikasi SIPADES tersebut terdapat Inventarisir Barang dari mulai perencanaan barang, pengadaan barang, register barang dan pengelolaan barang yang di dalamnya meliputi  penggunaan, pemanfaatan, dan penghapusan aset desa.

Dokumentasi : 

Tampilan Sistem Aplikasi Pengelolaan Aset Desa (SIPADES)

Peserta Sosialisasi Desa Cerdas Internet : 

Peserta Sosialisasi
Peserta Sosialisasi Desa Cerdas Internet

Berikut Link Download Materi-materi yang disampaikan : 

Materi tentang Sistem Aplikasi Pengelolaan Aset Desa dari DPMDPAKB

Materi tentang Desa Cerdas Internet

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar