Pelatihan Unit Usaha BUMDes, Pemanfaatan Sayuran Menjadi Olahan Manisan

Pelatihan Pengembangan Unit Usaha BUMDes

Buniasih.desa.id – Pelatihan Pengembangan Unit Usaha BUMDes, Pemanfaatan Sayuran Menjadi Olahan Manisan. Jum’at, (11/1/2018).

Pemerintah Desa Buniasih menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan unit usaha BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) untuk warga masyarakat desa buniasih, khususnya tokoh pemuda, karang taruna, tokoh perempuan dan pengelola bumdes. Pelatihan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat desa yang dananya berasal dari dana desa. Pelatihan diikuti oleh 14 orang perwakilan tiap kampung dan 2 orang perwakilan dari BUMDes.

Peserta Pelatihan Pengembangan Unit Usaha BUMDes Desa Buniasih

Pelatihan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Buniasih pada hari Jum’at tanggal 11 januari 2018 mulai pukul 08.00 WIB. Pelatihan dibuka oleh¬† Kepala Desa, diteruskan sambutan dari Pendamping Desa dan langsung ke narasumber.

Narasumber yang dihadrikan adalah ibu Teti Wartika. Beliau adalah seorang tenaga ahli di bidang pembuatan makanan ringan yaitu manisan dari sayuran. Beliau memaparkan tentang sayuran yang ada di sekitar yang bisa di oleh menjadi manisan sebagai contohnya beliau membawa manisan cabe, manisan, terong dan lain-lain.

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Unit Usaha Bumdes

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan, dorongan dan motivasi untuk para pemuda, karang taruna dan pengelola BUMDes untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada di sekitar khususnya sayuran. Sayuran ini bisa di olah menjadi manisan dan di kemas lebih menarik lagi supaya bisa menghasilkan nilai tambah.

Pelatihan berjalan kondusif dan menarik dikarenakan peserta pro aktif alam menerima materi dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Mereka menanyakan cara memproduksinya, bagaimana analisa usahanya dan bagaimana cara memasarkannya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar